Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Saturday, March 18, 2017

author photo
Kenali Berbagai Jenis Virus Penyebab Kanker
Kenali Berbagai Jenis Virus Penyebab Kanker. Penyebab sakit kanker cukup bervariasi, bahkan jika anda membandingkan dua orang atau lebih penderita kanker, belum tentu penyebab sakit kanker mereka sama. walaupun jenis kanker yang dideritanya sama. beberapa dibawah ini merupakan faktor dari penyebab kanker / sel kanker.
  1. Bahan kimia yang bersifat karsinogenik (bahan yang memicu terjadinya kanker).
  2. Radiasi.
  3. Virus.
  4. Pola makan yang buruk, terutama kelebihan asupan energi terutama yang berasal dari lemak jenuh.
  5. Rendahnya konsumsi antioksidan dan zat gizi penting.

Faktor lingkungan memang berperan penting dalam pembentukan penyebab kanker. Ada penelitian dengan menggunakan dua orang kembar yang dipisah dengan lingkungan yang berbeda menunjukkan bahwa faktor genetik hanya mempengaruhi sekitar 15% dari munculnya penyakit kanker ini. Meskipun penyakit ini terkait dengan gen dan DNA pada sel tubuh kita ternyata faktor genetik tidak memegang peranan yang cukup signifikan. Dan penelitian tersebut membukakan mata kita bahwa menyalahkan get kita untuk penyakit yang sebenarnya disebabkan oleh perilaku kita yang salah bukanlah suatu pemikiran yang bijak. Gaya hidup termasuk aktifitas fisik dan pola makan memang sangat berpengaruh terhadap kemunculan penyakit ini. Sekitar 1.3 penderita kanker adalah akibat pola makan dan gaya hidup yang salah.

Karsinogen


Segala sesuatu yang dapat memicu terjadinya kanker sering disebut dengan karsinogen. Karsinogen sendiri tidak melulu soal dari bahan kimia berbahaya yang diproduksi sendiri oleh manusia tetapi juga termasuk paparan yang sering kita jumpai setiap hari (misalnya radiasi ultraviolet (UV), gas-gas polutan, dll). Dan kesemuannya ini akan menyebabkan sel-sel di dalam tubuh kita berontak melawan fungsi alamiahnya.

Beberapa karsinogen menyerang tubuh secara tidak langsung. Awalnya mereka merusak DNA sel tubuh kita, lalu tanpa pernah kita sadari sel-sel tersebut akan tumbuh lebih diantara sel-sel yang normal. Sel tersebut membelah dengan kecepatan yang tidak biasa, lalu memuai mempengaruhi sel-sel tubuh lainnya di sekitar.

Yang perlu dipahami adalah bahwa tidak semua bahan karsinogen bertanggung jawab terhadap penyebab sakit kanker, kebanyakan hanya bersifat meningkatkan resiko kita tanpa menyebabkan kanker secara langsung. Semakin banyak kita berhubungan fengan karsinogen itu, maka akan semakin mungkin bagi kita akan mengalami kanker. Ada 3 faktor yang menyebabkan kekuatan karsinogen yang bisa mempengaruhi kesehatan anda, yaitu bagaimana Anda memaparkan bahan karsinogen itu, panjang dan intensitas dari paparan serta kondisi gen didalam tubuh kita.

Berhati-hatilah terhadap karsinogen penyebab kanker yang ada disekitar kita. diantaranya yang termasuk karsinogen adalah sebagai berikut.

Serangan Virus


Virus merupakan salah satu organisme terkecil yang ada di muka bumi ini yang hanya terdiri dari DNA dan RNA dan dilindungi oleh selubung protein. Virus dapat hidup dengan menyerang organisme hidup lalu memasukkan komponen DNA atau RNA mereka ke dalam sel hidup. Karena alasan inilah, beberapa jenis virus mampu menyebabkan kelainan pada DNA manusia yang akahirnya berdampak pada munculnya kanker. Berikut ini beberapa jenis virus yang sering kali dikaitkan dengan kanker.

1. Human papilloma virus, dari kutil menjadi kanker


Apakah anda pernah memiliki kutil. yang sejenis daging tumbuh yang biasa muncul di kulit, mulut, kemaluan dan laring ini disebabkan oleh human papilloma virus. Virus ini dapat menyebar hanya dengan sentuhan, terutama pada mukosa (semacam kulit yang melapisi organ dalam) sehingga anda memang perlu berhati hati dengan orang yang memiliki kutil, Yang perlu di khawatirkan adalah jika kutil tumbuh di daerah kemaluan, karena virus ini juga menyebar melalui hubungan seksual.

Berbagai jenis virus ini merupakan faktor utama penyebab kanker serviks pada wanita. Hal ini berdasarkan temuan bahwa kebanyakan wanita yang menderita kanker serviks juga terinveksi human pappiloma virus (HPV), meskipun tidak semua wanita terinfeksi HPV mengalami kanker serviks. Meskipun HPV banyak dikaitkan dengan kanker serviks pada wanita namun bukan berarti si pria tidak memilki resiko. pasalnya virus ini juga berkaitan dengan kanker penis, anus yang bisa saja terjadi pada pria.

Solusi terhadap virus HPV ini adalah sebagai berikut :

Untuk menghindari kanker yang disebabkan oleh virus ini kita memang harus menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat serta menghindari hubungan seks bebas. saat ini vaksin HPV telah dikembangkan dan telah mampu mencegah serangan virus ini.

Baca : Gejala dan Penyebab Kanker Serviks

2. Epsteino-Bar Virus, menyebar lewat ciuman


Virus ini menyebar lewat kecupan. sebenarnya virus ini masih segolongan dengan virus herpes yang bisa ditularkan seseorang dengan kontak bahkan hanya dengan batuk atau menggunakan peralatan makan dan minuman yang bergantian. Pada kebanyakan kasus, masalah yang disebabkan virus ini jarang terlihat. berbeda dengan ketika kita terkena influenza.

Begitu mencapai tubuh kita, virus ini akan mengincar sel darah dan menetap di sel limfosit B kita (salah satu komponen pertahanan tubuh kita). Orang yang di dalam tubuhnya terdapat virus ini akan mudah untuk mengalami kanker nasofaring (hidung dan tenggorokan) atau lymphoma.

Solusi terhadap virus Epsteino-Bar

Karena virus ini jarang muncul ke permukaan dan kita tidak pernah tahu siapa saja yang mengidap virus ini. sebaiknya kita harus berhati hati dengan peralatan makan dan minum kita. Sedapat mungkin tidak menggunakan peralatan makan dan minum secara bergantian dengan orang lain. dan satu lagi, jangan sembarang berciuman dengan orang lain.

3. Virus Hepatitis B (HBV) dan Hepatitis C (HCV), penyebab dari kanker hati


Apakah anda pernah mendengar penyakit hepatitis? pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita tentang penyakit hepatitis ini. Penyakit ini tergolong berbahaya, pasalnya virus dari penyakit ini tidak hanya menyerang sel hati namun juga menyebabkan munculnya kanker pada sel yang di hinggapinya tersebut. Di Amerika serikat, sekitar 30% dari penderita kanker hati dikaitkan dengan infeksi HBV atau HCV. Virus ini menyebar dengan pola yang sama dengan virus HIV yaitu melalui cairan tubuh, baik itu melalui jarum suntik, hubungan seksual yang tidak aman serta kelahiran (dari ibu kepada anaknya.

4. Virus HBV


Dalam perjalanannya didalam tubuh kita, kedua virus ini memiliki karakteristik yang berlainan. HBV lebih menunjukkan gejala yang jelas, seperti sakit yang menyerupai flu serta kulit dan mata yang bewarna kekuningan. berbeda dengan itu , HCV lebih jarang menunjukkan tanda dan gejala yang pasti. virus ini memang tidak memberikan dampak sejara langsung namun bahaya kronisnya akan mengancam dengan perlahan.

Solusi pencegahan HBV dan HCV virus penyebab kanker hati

Cara pencegahannya adalah dengan menghindari jalur penyebaran virus ini seperti tidak melakukan hubungan seksual dengan bebas tanpa pengaman, tidak bertukar jarum suntik dan sealu menjaga kesehatan tubuh tetap optimal. Di Amerika Serikat sendiri telah dikembangkan vaksin untuk mencegahnya serangan virus ini sebagai alternatif penyebaran penyakit. Pasalnya obat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit ini masih terbatas.

5. Human Immunodeficiency Virus (HIV), virus pembunuh dan penyebab kanker


HIV menyebar melalui hubungan seksual yang tidak aman, penggunaan jarum yang bergantian, kelahiran, transfusi darah, dan transplan organ. Virus ini memang tidak menimbulkan kanker secara langsung melainkan bekerjasama dengan virus lain seperti HHV-8 dan HPV. HIV menghancurkan sistem imun kita (seperti sel T Helper) dan menyebabkan tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit. Di sinilah HPV dapat menyerang sel dalam tubuh kita dan memicu terjadinya kanker. Jenis jenis kanker yang diakibatkan oleh HIV adalah :
  1. Kaposi sarcoma
  2. kanker Serviks
  3. Lymphoma
  4. Kanker Anal
  5. Kanker paru
  6. Kanker mulut dan tenggorokan
  7. Kanker kulit

6. Human Herpes Virus 8 (HHV-8), serangan saat imunitas rendah


Pernahkan anda mendengar istilah kaposi sarcoma, Penyakit yang sejenis kanker ini menyerang kulit dan menimbulkan warna ungu kemerahan atau coklat kebiruan di sekitar kulit. Kanker ini memiliki hubungan yang erat dengan serangan HHV-8, pasalnya virus ini ditemukan hampir pada semua pasien kaposi sarcoma. Yang perlu di ingat adalah bahwa virus ini membutuhkan tambahan faktor lain yaitu pertahanan tubuh yang lemah. itulah mengapa virus ini dapat berkembang dan menimbulkan kanker pada pasien yang sebelumnya mengalami penurunan imun (misalnya terserang HIV)

Solusi HHV-8

Tingkatkan pertahanan tubuh dengan pola makan yang baik dan gaya hidup yang sehat. selain itu menjaga tubuh dari serangan virus lain seperti HIV merupakan hal penting untuk diperhatikan.

Baca juga : Cara Mengatasi Herpes Dengan Mudah


This post have 2 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope