Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Wednesday, April 26, 2017

author photo
Inilah Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Inilah Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan. Mentimun tentunya bukan lagi hal baru bagi kita semua. Sayur ini sering kali disajikan sebagai makanan sampingan dari makanan lain, misalnya nasi uduk, nasi goreng ataupun makanan yang dibakar.

Mungkin sebagian besar dari kita masih menganggap keberadaan mentimun tersebut sebagai hiasan saja, namun sebenarnya tidak begitu. Banyak sekali manfaat sayuran ini untuk tubuh kita. Setidaknya ada 10 manfaat mentimun bagi kesehatan kita.

Tanaman mentimun juga merupakan sayuran nomor 4 yang paling sering dibudidayakan di dunia dan dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Di Indonesia sendiri, mentimun bukan hal yang baru atau langka.

Kita kerap menjumpai mentimun di dalam gado-gado ataupun makanan lainnya. Sayur ini juga sering kali dijus dan diminum. Selain rasanya yang segar, jus timun juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita.

Khasiat Manfaat Mentimun


Untuk lebih jelas mengenai 10 manfaat mentimun bagi kesehatan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1. Sumber vitamin B


Sayuran mentimun mengandung vitamin B yang melimpah. Vitamin B dikenal sebagai vitamin yang dapat memberikan rasa relaks pada tubuh anda dan menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit.

2. Mencegah terjadinya dehidrasi tubuh


Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh kita kekurangan cairan. Untuk mencegah terjadinya hal ini, mentimun merupakan solusi yang tepat. Mengapa ? Hal ini karena 95% dari mentimun mengandung air, sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menghilangkan racun.

Mentimun juga memiliki sebagian besar vitamin yang dapat memenuhi kebutuhan harian seseorang. selain dagingnya, kulit mentimun juga kaya akan vitamin C.

3. Perawatan kulit, wajah dan rambut


Hal ini pastinya bukan hal baru lagi. Kita sering kali melihat mentimun dijadikan sebagai masker mata atau wajah. Dengan melakukan hal tersebut, dipercaya dapat menambah kecantikan kulit. Selain itu, mentimun juga sering digunakan untuk mengatasi iritasi kulit dan luka bakar.

Baca : Tips Mengatasi Kulit Wajah Kering

Jika mata anda mengalami pembengkakan, letakkan sepotong mentimun di atasnya, maka bisa mengurangi pembengkakan. Di samping itu, silicon dan sulfur di dalam timun juga sangat baik bagi pertumbuhan rambut.

Baca : Jenis-jenis Penyakit Kulit dan Gambarnya

4. Melawan kanker


Mentimun mengandung senyawa lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol. Ketiga senyawa ini berdasarkan penelitian merupakan senyawa yang dapat menurunkan resiko beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim, dan kanker prostat.

Baca : Kenali Berbagai Virus Penyebab Kanker

5. Perawatan rumah


Selain dimakan, mentimun juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kabut atau embun yang ada di cermin. Gosokkan sepotong mentimun di area mentimun tersebut, maka kabut akan hilang. Selain itu, gosokkan mentimun di sepanjang engsel pintu, maka suara berdecit akan berhenti.

6. Meredakan bau mulut


Bagi anda yang mempunyai masalah dengan bau mulut, anda bisa memanfaatkan mentimun untuk meredakan masalah tersebut. Caranya adalah dengan menekan sepotong mentimun ke langit-langit mulut dengan lidah selama 30 detik, maka bau mulut akan hilang.

Baca : Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut

7. Menghindari morning sickness


Untuk menghindari terjadinya morning sickness dan sakit kepala di pagi hari, makanlah beberapa iris mentimun sebelum anda tidur. Mentimun mengandung gula yang cukup, vitamin B, elektrolit yang bisa mengurangi intensitas sakit kepala.

Baca : Apa Saja Ciri-ciri kehamilan Muda

8. Menurunkan berat badan dan masalah pencernaan


Mentimun termasuk sayur yang rendah kalori dan mengandung air yang tinggi. Oleh karena itulah, mentimun sangat ideal bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya atau berdiet. Selain itu, kandungan air dan serat yang tinggi juga mampu mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Baca : Penyebab Kanker Pencernaan Gastrointestinal

9. Diabetes, kolesterol dan hipertensi


Jus mentimun mengandung senyawa yang dapat merangsang insulin untuk berproduksi, sehingga dapat meminimalisir resiko diabetes. Namun ternyata, senyawa tersebut juga mampu mengurangi kolesterol.

Mentimun juga mengandung magnesium, kalium dan serat yang dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Baca : Tips Ampuh Cara Mencegah Diabetes

10. Meningkatkan kesehatan sendi


Salah satu dari 10 manfaat mentimun bagi kesehatan adalah meningkatkan kesehatan sendi. Mentimun mengandung silica yang bisa memperkuat jaringan ikat. Di samping itu, mentimun juga kaya akan vitamin A, B1, B6, C, D, folat, kalsium, magnesium, dan kalium.

Baca : Cara Alami Mengobati Rematik dan Nyeri Sendi

Inilah sekilas mengenai 10 manfaat mentimun bagi kesehatan. Semoga dapat bermanfaat

1 komentar:


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope