Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Tuesday, December 6, 2016

author photo
Gejala dan Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak
Gejala dan Penyebab Radang Tenggorokan Pada Anak. Radang tenggorokan atau lebih dikenal angina merupakan penyakit yang sering menyerang kesehatan pada anak. Biasanya anak yang berumur 2-4 tahun. Penyakit radang tenggorokan biasanya timbul secara tiba-tiba, seringkali di waktu malam. Untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak, kita sebagai orangtua perlu mengenali ciri-ciri penyakit ini.

Penyebab radang tenggorokan pada anak


Penyebab radang tenggorokan pada anak, biasanya disebabkan oleh virus. Bermacam-macam kuman dapat menyebabkan radang tenggorokan dan yang paling berbahaya ialah radang tenggorokan yang disebabkan oleh kuman difteri. Namun juga bisa disebabkan oleh bakteri seperti streptokokus.

Baca juga : Penyebab Radang Amandel dan Cara Mencegahnya

Ciri-ciri radang tenggorokan pada anak


Ciri-ciri radang tenggorokan pada anak, sehari sebelumnya anak agak masuk angin. Ketika bangun pagi tangisannya serak, nafas sesak, terdengar bunyi pernafasan anak, batuk-batuk, dan juga biasanya disertai panas. Biasanya anak kehilangan nafsu makan.

Gejala radang tenggorokan pada anak


Gejala radang tenggorokan pada anak, terjadi pembesaran kelenjar, tonsil (amandel) atau tenggorokan meradang, biasanya menimbulkan nyeri dan gatal, sulit untuk menelan, terkadang disertai demam dan batuk-pilek.

Baca juga : Penyakit Radang Tenggorokan dan Penyebabnya

Pengobatan radang tenggorokan pada anak


Pengobatan radang tenggorokan pada anak, Sebelum mendapatkan pengobatan dari dokter, perbanyaklah minum air hangat dimana air hangat akan memberikan rasa nyaman pada tenggorokan. Bila anak demam berikan parasetamol. Dan bia hidung tersumbat, berikan tetes hidung NaCl (bisa dibeli di apotik) dan seringlah anak menghirup uap air panas (Hati-hati supaya anak jangan sampai tersiram air panas). Bila anak demam di atas 39°C dan keadaan kesehatan anak terus memburuk, segeralah konsultasikan ke dokter.

Pencegahan radang tenggorokan pada anak


Pencegahan radang tenggorokan pada anak yaitu dengan menghindari kontak dengan penderita batuk-pilek, influenza, atau infeksi streprokokus, perbanyak minum, serta meningkatkan stamina dengan istirahat dan makan yang bergizi dengan baik.

Setelah menyimak penjelasan di atas, semoga anak anda bisa terhindar dari radang tenggorokan dan anda bisa mengatasi radang tenggorokan yang menyerang kesehatan pada anak anda. Semoga bermanfaat.



This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope