Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Friday, December 16, 2016

author photo
Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Cara Mengatasi Anak Susah Makan, Setiap orang tua tentu akan senang jika melihat anaknya sehat, ceria, dan gemar makan. Namun tidak sedikit ibu yang mengeluhkan betapa susahnya mengajak si kecil buka mulut untuk menyantap makanan yang hendak disuapkan. Pasalnya, hal ini dapat mempengaruhi kecukupan nutrisi yang dibutuhkan sang buah hati.

Gerakan tutup mulut yang dilancarkan si kecil tak perlu membuat orangtua hilang kesabaran dan menjadi marah. Pasti ada sebabnya anak sulit diajak makan, walaupun makanan yang disajikan menarik minat,serta sehat bagi si kecil.

Baca : Mendongeng Dapat Membentuk Karakter Anak

Bosan dengan menu yang biasa-biasa saja,tekstur yang tidak sesuai, kurang fit, akan tumbuh gigi atau suasana kurang menyenangkan adalah beberapa alasan yang membuat buah hati anda enggan membuka mulut mungilnya. Jangan menyerah dan tetaplah kreatif agar nutrisi yang dibutuhkan dapat terpenuhi, diantaranya dengan mengencerkan makanan agar lebih mudah memasukkan kedalam mulutnya. Dapat juga dengan cara lain seperti memberikan susu formula yang sesuai usia si kecil.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan


Langkah sederhana lainnya adalah dengan menghadirkan suasana yang menyenangkan ketika hendak makan.letakkan buah hati anda di pangkuan atau di tempat nyaman yang menyenangkan. Dengan tindakan tersebut anak akan terhibur dan mudah diajak bekerja sama dan patuh terhadap ajakan membuka mulutnya.

Baca : Cara Melatih Konsentrasi Anak

Rasa bosan tidak saja dapat dirasakan oleh orang dewasa. Anak kecil pun dapat merasakan kebosanan apabila tidak ada kreativitas dari orang tua untuk mengubah atau untuk mengkombinasikan santapan baginya selain menyodorkan makanan dengan rasa berbeda,memberikan makanan dengan bentuk yang unik dan tidak biasa akan meningkatkan nafsu makan sang buah hati anda. Jangan lupa untuk memperhatikan porsi makanan yang ideal.

Ekspresi yang dilihatnya juga dapat mengajak si kecil penasaran dan menyantap sesuatu yang dilihatnya. Makanlah makanan tersebut dihadapannya dengan menghadirkan wajah gembira yang menggambarkan nikmatnya makanan tersebut. Ekspresi yang dihadirkan akan membuat si kecil penasaran dan tertarik untuk turut mencobanya.

Baca : Sifat Anak dan Pengaruh Urutan Lahir

Hal lainnya adalah alat makan yang digunakan. Peralatan makan yang kian beragam, yang banyak di jual di pasaran dapat membantu meningkatkan selera makan anak anda. Sebisa mungkin gunakan sendok atau alat makannya lainnya yang menjadi kesukaannya. Biarkan si kecil memilih alat yang disukainya agar menambah semangat bersantap. Tetaplah sabar dan kreatif dalam memenuhi nutrisi buah hati anda.

Baca : Cara Mengajari Kedisiplinan Pada Anak

Semoga tips Cara Mengatasi Anak Susah Makan ini bisa membantu bunda.

This post have 2 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope