Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Friday, March 3, 2017

author photo
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan – Buah mengkudu adalah buah asli dari Asia tenggara. Bentuknya yang agak lonjong dan agak berbintik pada permukaan kulitnya, namun banyak orang yang tidak menyukai aroma buah ini. Pada umumnya masyarakat Indonesia khususnya memanfaatkan buah mengkudu untuk bahan makanan seperti rujak dan juga jus. Bagi anda yang tidak menyukai buah mengkudu, anda sebaiknya mengenal lebih dekat Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan, berikut beberapa manfaat buah mengkudu yang belum banyak diketahui.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

Di dunia ini ada sangat banyak jenis/macam mengkudu, namun yang termasuk dalam kategori bisa dikonsumsi oleh manusia hanya sebanyak 20 jenis mengkudu saja. Sedangkan sebagian besar jenis lainnya mengandung racun yang jika dikonsumsi bahaya buah mengkudu akan membahayakan tubuh.

Kandungan Zat Buah Mengkudu

Dalam beberapa penelitian laboratorium yang dilakukan baik luar negeri maupun dalam negeri, buah mengkudu menunjukkan kandungan antioksidan, merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor dan kanker. Hasil tersebut telah menunjukkan bahwa buah mengkudu dapat dimanfaatkan untuk mencegah dan beberapa penyakit bisa diobati menggunakan buah mengkudu. salah satu penyakit yang bisa dicegah menggunakan buah mengkudu ini adalah beberapa jenis kanker dan tumor.

Kandungan zat pada buah mengkudu sangat baik bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Zat Terpenoid, zat ini berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.
  2. Kandungan Protein, vitamin dan mineral yang penting tersedia dalam buah ini
  3. Zat anti bakteri (Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Escherichia coli dan Bacillus subtilis) Zat ini membunuh bakteri penyebab terjadinya infeksi.
  4. zat anti kanker, kandungan zat ini sangat membantu untuk membantu melawan sel-sel kanker.
  5. Scolopetin, jenis senyawa yang bermanfaat untuk mengusir peradangan dan alergi.
  6. zat bioaktif.
  7. Zat iridoid.
  8. Serat.

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan


kandungan zat dan nutrisinya yang lengkap pada buah mengkudu, membuat buah ini memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa macam khasiat yang didapatkan dari mengkonsumsi buah mengkudu.
  1. Menurunkan tekanan darah tinggi
    Bagi anda yang menderita tekanan darah tinggi, saya sarankan ada baiknya anda mengkonsumsi buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Caranya bisa dikonsumsi secara langsung dengan mengupas kulitnya dan dijadikan rujak, jus atau bisa juga dengan merebus dan meminum air rebusannya. Kandungan zat xeronine pada buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah darah. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah.

  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
    Kandungan zat mineral, vitamin, asam amino, dan enzim yang terkandung dalam buah mengkudu dapat memenuhi kebutuhan tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan alami, dan vitamin E diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas.

  3. Menurunkan kolesterol
    Zat xeronine dan proxeronine yang ada pada buah mengkudu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang bersemayam dalam tubuh. Untuk mengobati kolesterol, anda bisa mengkonsumsi air rebusan buah mengkudu kering secara rutin.

    Baca : Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi

  4. Mencegah kanker
    Penelitian yang sudah dilakukan di beberapa tempat membuktikan bahwa senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang ada pada buah mengkudu bisa digunakan untuk mencegah kerusakan DNA yang menimbulkan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel tetap sehat.

    Baca : Cara Mencegah kanker dengan tepat

  5. Mengobati asam urat
    Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit lain yang kronis misalnya sakit jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya yang kebanyakan orang menderita penyakit ini setelah mereka menderita penyakit asam urat. Asam urat ditandai dengan kram, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah mengkudu sangat baik untuk digunakan sebagai media penyembuhan penyakit asam urat.

    Baca : Berbagai Obat Sakit Asam Urat Tradisional

  6. Menyembuhkan ambeien
    Kandungan yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ambeien. cara menjadikan ramuan mengkudu untuk menyembuhkan ambeien yaitu dengan merebus buah yang sudah dikeringkan terlebih dahulu dan dicampurkan dengan daunnya. untuk cara mengolah buah mengkudu untuk obat ambeien adalah sebagai berikut :

    Rebus daun dan buah mengkudu dengan dua 2 air dan sisakan hanya menjadi 1 gelas saja. Setelah itu minum air rebusannya secara teratur.

  7. Menyembuhkan peradangan usus
    Bagi anda yang menderita radang usus, anda bisa menyembuhkannya menggunakan ramuan mengkudu. Zat scolopetin yang terdapat pada buah mengkudu bisa digunakan untuk meredakan peradangan dan luka yang terdapat pada usus bagian dalam.

  8. Mengobati tumor
    Tumor yang berkategori jinak bisa disembuhkan menggunakan ramuan mengkudu. buah Mengkudu kaya akan antioksidan yang bisa untuk mengecilkan tumor dan melawan sel-sel tumor yang berkembang didalam tubuh.

Itulah 8 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

This post have 2 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope