Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Friday, April 28, 2017

author photo
Manfaat Kandungan Buah Naga Bagi Kesehatan

Manfaat Kandungan Buah Naga Bagi Kesehatan. Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan kehadiran buah naga di tengah masyarakat. buah naga merupakan buah yang bentuknya tidak lazim atau tidak seperti buah-buah lainnya. Bisa dikatakan bahwa buah naga memiliki bentuk yang cukup sensasional.

Buah naga ini bukan berarti buah yang berasal dari naga. Buah ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang ini sudah mulai banyak dibudidayakan di berbagai Negara di Asia, termasuk di Indonesia.

Baca juga : Inilah Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Tanaman Buah naga hidup di daerah yang tropis dan subtropics serta bertanah kering. Buah ini banyak disebut sebagai buah yang aneh karena bentuknya yang bulat bersisik dan meruncing serta ditambah lagi dengan warna kulitnya yang kemerahan.

Selain itu, jika dilihat dari segi rasa, buah ini juga bisa dikatakan sebagai buah yang memiliki rasa yang cukup unik. Buah naga rasanya tidak terlalu manis, namun juga tidak terlalu pahit. Jika dipotong menjadi dua bagian, maka akan tampak dagingnya yang berwarna putih, namun ada juga yang berwarna merah.

Buah ini juga memiliki banyak biji hitam kecil. Jadi, bagi anda yang suka makan buah tanpa biji, tampaknya anda akan kewalahan untuk memisahkan antara biji dengan buahnya. Terlepas dari segala keunikan yang dimiliki oleh buah ini, sebenarnya banyak sekali ragam manfaat kandungan buah naga bagi tubuh kita.

Baca juga : Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Manfaat Kandungan Buah Naga Bagi Kesehatan


Buah ini dulunya hanya dikenal sebagai buahan biasa, namun setelah dilakukan penelitian barulah diketahui buah untuk ini menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Untul lebih jelas mengenai ragam manfaat kandungan buah naga, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

Sumber anti oksidan


Buah naga juga merupakan salah satu buah yang tergolong ke dalam kelompok buah anti oksidan. Buah anti oksidan ini mampu melindungi tubuh kita dari berbagai paparan radikal bebas yang secara tidak sengaja kita hirup.

Radikal bebas jika dibiarkan begitu saja di dalam tubuh, maka akan berubah menjadi sel kanker yang mematikan. Seperti yang kita ketahui bahwa kita hidup di tengah lingkungan yang sudah tercemar, oleh karena itu langkah baik untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi buah naga.

Selain itu, buah naga juga bisa menetralkan berbagai racun dan logam berat yang ada di dalam tubuh kita.

Baca juga : 5 Fungsi antioksidan bagi kesehatan

Sumber vitamin


Buah naga juga dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin. Salah satunya adalah vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mampu menyembuhkan luka memar. Selain itu, ada juga vitamin B1 dan B2 yang dapat menambah nafsu makan dan membantu proses metabolisme tubuh.

Adapun kandungan vitamin B3 yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan penyakit asma.

Kandungan mineral


Selain mengandung vitamin, buah naga juga mengandung mineral, berupa fosfor dan kalsium untuk membantu pembentukan tulang serta menguatkan gigi.

Kandungan serat


Buah naga juga termasuk buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk proses pencernaan. Jadi, buah ini sangat ideal bagi mereka yang menderita sembelit atau buang air besar secara tidak teratur. Lancarnya sistem pembuangan, maka lemak di dalam tubuh juga akan berkurang.

Baca juga : Buah-buahan Yang Bagus Buat Ibu Hamil

Manfaat lain


Memang tidak ada habis-habisnya jika membahas ragam manfaat buah naga. Namun, hal penting yang harus selalu anda ingat adalah khasiatnya bagi tubuh kita. Memang tidak banyak penggemar buah naga karena rasanya yang dinilai cukup aneh, namun bagi anda yang menggemari buah ini pasti akan berpendapat bahwa buah naga memiliki rasa yang eksotis sama seperti bentuknya.

Buah naga juga dikenal dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh manusia, tekanan darah tinggi, dan kadar gula dalam darah. Jadi, dengan mengonsumsi buah naga secara tidak langsung anda telah terhindar dari berbagai penyakit mematikan seperti hipertensi, kolestrol, diabetes dan lainnya.

Selain itu, buah naga juga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya. Anda bisa mengolah buah naga ini ke dalam berbagai bentuk, misalnya salad buah, dijus, atau bahkan langsung memakan dagingnya.

Baca juga : Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Kita

Inilah sekilas mengenai ragam manfaat buah naga. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope