Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Friday, July 21, 2017

author photo
Segudang Khasiat Pare untuk Kesehatan
Segudang Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan. Buah pare yang mempunyai istilah Momordica charantia L sangat terkenal dengan rasa pahitnya ketika dimakan, hanya sebagian orang saja yang suka mengonsumsi buah pare secara langsung, sebagian besar mengonsumsi pare dengan diolah terlebih dahulu agar kandungan rasa pahitnya tidak begitu kuat.

Baca juga : Manfaat Daun Pare untuk Kesehatan

Khasiat Buah Pare untuk Kesehatan

Buah pare yang pahit ini walaupun sebagian kecil yang menyukainya tetapi ternyata mempunyai manfaat dan khasiat bagi kesehatan yang sangat besar, berikut manfaat dan khasiat buah pare untuk kesehatan tubuh kita.

1. Pare Sumber Vitamin

Buah pare banyak mengandung vitamin C dan vitamin A. Buah yang masih muda lebih banyak kandungan vitamin C-nya dibanding dengan buah parte yang sudah tua, tetapi kadar vitamin A-nya lebih sedikit.

2. Pare Antidiabetes

Senyawa Charantin yang dimiliki oleh buah pare mampu menurunkan kadar gula darah dalam waktu yang cukup singkat. Penelitian lain menyatakan bahwa pare juga mengandung senyawa yang mampu menurunkan gula dalam plasma, yakni polpeptida P dan visin.

Bagi penderita diabetes, Anda dapat mencoba tumis pare atau jus pare, tentu saja tanpa ditambah gula atau bahan lain yang menagndung gula. Fitokimia yang berperan sebagai antidiabetes terdapat didaging buah pare yang pahit.

Karena itu, jika akan mengolah pare, sebaiknya jangan terlalu lama diremas-remas dengan garam agar bahan aktifnya tidak larut. Jika tidak suka, Anda dadapt menumis pare bersama dengan tempe yang terbukti dapat mengurangi rasa pahit yang berlebihan.

Baca juga : Tanaman Obat Diabetes Paling Ampuh

3. Pare Menghambat Virus HIV

Pare mampu menghambat perkembangan virus HIV. Uji invitro menunjukan adanya pengaruh positif dari alfa marmoradin dan beta-marmoradin yang terdapat dalam biji pare untuk melumpuhkan virus HIV.

Walaupun terlalu banyak makan pare menyebabkan anemia, tetapi efek positif anti virus HIV jauh lebih penting dibandingkan dengan anemia yang mudah diatasi dengan asupan makanan atau suplemen kaya zat besi. Sebaliknya virus HIV lebih sulit di atasi.

4. Pare Obat Disentri, Malaria, cacing gelang, asam urat

Ekstrak atau rebusan buah pare dapat digunakan untuk meredakan batuk dan mengatasi gangguan tenggorokan. Banyak herbalis yang menggunakannya sebagai obat disentri, malaria, peluruh cacing gelang, memacu ASI, dan untuk menurunkan kadar asam urat.

Baca juga : Berbagai Obat Sakit Asam Urat Tradisional

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa khasiat buah pare dapat digunakan sebagai obat KB alami. Buah pare mengandung sejumlah fotokimia yang mampu menurunkan kesuburan pada wanita.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope