Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Friday, January 5, 2018

author photo
Manfaat Tanaman Tapak Dara Untuk Mengobati Kanker

Manfaat Tanaman Tapak Dara Untuk Mengobati Kanker. Satu lagi tanaman hias yang juga berkhasiat sebagai obat. Khasiatnya antara lain sebagai obat kanker. Seluruh bagian tanaman mulai dari daun, bunga, buah serta batang, bisa dimanfaatkan.

Tanaman hias ini berupa semak yang tingginya kira-kira 0,2 sampai 0,8 meter. Ada beberapa nama yang biasa diberikan atau dikenal untuk tanaman ini. Kembang tembaga atau kembang serdadu, misalnya. Atau ada juga yang menyebutnya kembang sari Cina, di samping nama tapak doro. Nama yang disebut terakhir itu adalah nama yang lebih sering dipakai. Nama Latinnya ternyata juga tak hanya satu. Semula disebut sebagai Vinca rosea atau Lochnera rosea. Namun belakangan ini dalam beberapa literature sebutannya berganti menjadi Catharanthus roseus.

Baca : Ciri-ciri dan Tanda Gejala Kanker Payudara

Semak yang diperkirakan berasal dari India Barat ini, mempunyai batang yang berkayu pada bagian bawahnya dan bercabang banyak yang akan muncul dari ketiak daun. Daunnya berbentuk bundar memanjang, dengan bulu-bulu halus pada kedua sisinya. Letak daun saling berhadapan. Pada ketiak satu, selain muncul cabang-cabang baru biasanya juga akan muncul bunga. Tanaman tapak dara ada tiga macam. Yang bunganya berwarna merah, merah muda dan putih. Warna bunganya cukup menarik. Itu sebabnya, tanaman yang semula dianggap liar ini kemudian naik pangkat menjadi tanaman hias. Buah bunga tapak dara bentuknya seperti buluh kecil dan berbulu. Buah ini berisi biji yang kecil-kecil dan jumlahnya banyak.

Perbanyakan tanaman dilakukan dengan bijinya. Biji yang sudah tua warnanya menghitam. Biji yang sudah tua ini didapat dari buah yang telah kering. Tapak dara termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Sehingga biji yang disebar cepat bertunas. Cara lain perbanyakannya adalah dengan setek batang yang tua atau akarnya. Walau mudah tumbuh, bila kurang air ia akan malas berbunga. Maka perlu penyiraman yang teratur.

Baca : Kenali Berbagai Jenis Virus Penyebab Kanker

Tampaknya belum banyak orang yang tahu bahwa tanaman ini sebenarnya mengandung senyawa yang sangat berkhasiat sebagai obat. Hingga tak heran kalau selama ini tapak dara lebih dikenal sebagai tanaman hias daripada sebagai tanaman obat. Yang menyebabkan tanaman ini sangat berkhasiat adalah adanya kandungan suatu senyawa alkaloid yang disebut vinblastin atau disebut juga leukoblastin dan vincristine atau leurocristine. Kedua senyawa tersebut mempunyai sifat antineoplastic yang artinya dapat/mampu melawan sel-sel kanker. Daun, bunga dan buah serta batang tapak dara menurut produsen obat tersebut, memang mengandung alkaloid yang disebut catharanthine.

Baca : Resep Obat Alami Kanker Payudara Yang Ampuh

Zat tersebut sama dengan zat yang dikandung oleh plasma sel kanker. Sehingga bila masuk dalam tubuh penderita kanker, zat tadi akan diserap oleh plasma kanker dan akhirnya akan dapat mendesak atau menghilangkan inti kanker. Kiranya pengobatan dengan cara memanfaatkan tapak dara ini bisa menjadi salah satu upaya mencapai kesembuhan bagi para penderita kanker.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope