Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Thursday, January 4, 2018

author photo

Manfaat Tembelekan Untuk Mengobati Asma Dan Bengkak. Perdu yang menjadi masalah bagi lahan yang baru dibuka atau perkebunan ini, ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Antara lain untuk obat asma dan bengkak.

Tembelekan atau Lantana (Lantana camara) yang masuk famili Verbenaceae ini mulanya berasal dari daerah Amerika tropis. Dulu, tanaman ini dimasukkan ke Indonesia sebagai tanaman penutup tanah karena bisa menekan pertumbuhan alang-alang. Sekarang banyak juga jenis hibridanya yang bunganya indah, dan ditanam sebagai tanaman hias atau pagar.

Lantana berupa perdu yang kebanyakan merambat, tapi ada pula yang tumbuh tegak. Batangnya berbentuk segiempat, berbulu, dan pada beberapa varietas tertentu ada yang berduri. Daunnya bulat telur, bergerigi dengan bagian pangkal tumpul dan ujung meruncing. Berukuran 5-8 x 3-5.5 cm2. Bunganya berbentuk tabung lonceng dengan 3 sampai 5 karangan, berwarna oranye, merah, putih, merah muda atau ungu tergantung varietasnya. Buah muda berwarna hijau, tetapi bila sudah tua menjadi hitam kebiruan, tersusun seperti untaian buah anggur.

Tembelekan Untuk Obat Asma


Asma adalah penyakit sesak nafas yang terjadi karena menyempitannya pipa saluran pernafasan. Paru-paru banyak mengeluarkan lendir. Kalau lendir ini berkumpul pada pipa yang menyempit itu maka akibatnya akan menyumbat saluran pernafasan.

Baca : Minum Paracetamol Saat Hamil Menyebabkan Asma Pada Bayi?

Penyakit asma biasanya timbul karena tidak tahan terhadap perubahan udara, debu, bulu atau rambut hewan, serta bau-bauan yang tajam seperti bau bensin, minyak tanah, kemenyan dan lain-lain.

Daun lantana mengandung minyak atsiri yang banyak macamnya. Akan tetapi yang bisa dimanfaatkan sebagai obat hanya beberapa jenis saja. Di antaranya sineol. Minyak ini mudah menguap dan rasanya pedas, namun kalau melewati tenggorokan rasanya sejuk, sehingga mirip menthol yaitu senyawa yang diambil dari tanamanMenta piperita dan banyak dibuat peper mint.

Baca : Cara Mengobati Penyakit Asma Secara Alami

Sineol ini memang berkhasiat sebagai ekspektoran (pelepas dahak atau lendir). Oleh karena itu lantaran bisa digunakan untuk obat asma. Sebab lendir yang mengganjal di saluran pernafasan penderita asma yang sedang kambuh, bisa keluar dengan menghirup aroma dari remasan atau tumbukan daun lantana yang dijemur sampai kering.

Manfaat Tembelekan untuk Mengobati Bengkak


Kalau kita mendapat luka dan kuman-kuman (bakteri/jamur) sempat masuk ke dalamnya karena perawatan yang kurang bersih, maka luka tersebut biasanya akan membengkak. Untuk mengatasi hal ini, daun lantana bisa kita manfaatkan, karena ia mengandung terpineol dan furfurol. Terpineol adalah sejenis minyak atsiri yang bersifat antiseptik yang bisa membunuh kuman, sedang fufurol bersifat fungisida yang bisa membunuh jamur.

Sejak dulu orang Jawa sudah menggunakan lantana untuk menghadapi bengkak akibat luka ini. Caranya, daun lantana ditumbuk halus, lalu diletakkan pada bagian yang bengkak. Biasanya cara ini mampu mengempiskan bengkaknya. Walaupun penggunaan obat kampong ini tidak sehebat khasiat antibiotika modern seperti penisilin, tetrasiclin, terramycin dan lain-lainnya itu, namun untuk daerah-daerah terpencil yang jauh dari jangkauan obat modern, cara ini bisa digunakan meskipun hanya sebagai obat darurat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope