Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Monday, December 5, 2016

author photo
Mendongeng Dapat Membentuk Karakter Anak

Mendongeng Dapat Membentuk Karakter Anak, Teringat ketika saya masih kecil, kira-kira waktu itu masih berumur 3 atau 4 tahun. Saya selalu ingat ketika ibu saya mendongeng sebuah cerita tentang “si kancil dan kura-kura”, hampir setiap malam saya selalu ingin diceritakan dongeng tersebut. Ada rasa gembira dan senang yang saya rasakan pada waktu itu.

Baca juga : Mengenali Karakteristik Si Kecil

Dan sekarang saya selalu berpikir bahwa mendongeng adalah kegiatan yang dapat membuat anak merasa senang dan gembira. Melalui dongeng, anak-anak dapat belajar tentang kehidupan, tentang cita-cita mulia yang akan terpatri dalam benaknya juga kita dapat menyampaikan pesan apa saja yang bernilai positif.

Baca juga : 5 Macam Imunisasi Wajib Pada Bayi

Pemilihan sebuah tema dongeng dan alur cerita sangatlah berpengaruh. Usahakan alur cerita menyampaikan pesan-pesan positif, jangan sampai pesan positif yang ingin disampaikan justru kabur oleh perilaku negatif dari tokoh antagonis yang ada dalam dongeng karena terlihat menonjol. Hal ini agar anak tidak meniru sifat-sifat jelek yang ada dalam dongeng.

Baca juga : Cara Melatih Konsentrasi Anak

Lalu mulai umur berapakah sebaiknya anak diperdengarkan dongeng? jawabnya adalah sedini mungkin. Bukankah bayi dalam kandungan sudah dapat mendengar? meskipun belum bisa bicara, tetapi mereka cerdas. Dan dengan mendongeng bisa mengembangkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual dan ketahanan mental anak.

Baca juga : Sifat Anak dan Pengaruh Urutan Lahir

Banyak sekali manfaat dari sebuah dongeng bagi anak. Demikian sedikit share tentang Mendongeng Dapat Membentuk Karakter Anak, semoga bermanfaat bagi kita semua.

This post have 2 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope