Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Wednesday, March 22, 2017

author photo
Makanan Sehat Penurun Kolesterol Terbaik

Makanan Sehat Penurun Kolesterol Terbaik. Kolesterol merupakan metabolit yang mengandung lemak sterol (waxy steroid) yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol adalah jenis khusus lipid yang disebut steroid. Steroids ialah lipid yang memiliki struktur kimia khusus. Struktur ini terdiri atas 4 cincin atom karbon.

Steroid lainnya termasuk steroid hormon seperti kortisol, estrogen, dan testosteron. Nyatanya, semua hormon steroid terbuat dari perubahan struktur dasar kimia kolesterol. Hiperkolesterolemia berarti bahwa kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi.

Tingginya kadar kolestrol dalam tubuh menjadi pemicu munculnya berbagai penyakit. Pola makan sehat merupakan salah satu faktor utama agar terhindar dari hal ini. Akan tetapi, tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk sedangkan jenis kolestrol HDL merupakan kolestrol yang mampu melarutkan kolestrol jahat dalam tubuh. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg.

Makanan Penurun Kolesterol Terbaik


Berikut ini kami sajikan daftar makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

1. Tomat.

Walau tergolong buah-buahan, tomat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh anda. Makan 1 buah tomat atau segelas jus tomat setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

Baca : Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

2. Delima.

Buah ini mengurangi penumpukan plak kolesterol serta sanggup meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu mengurangi plak pada pembuluh arteri.

Baca : Manfaat Jus Delima Merah Bagi Kesehatan

3. Alpukat.

Buah alpukat terbukti mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menekan LDL. Lemak yang terkandung dalam alpukat tergolong lemak HDL.

4. Anggur.

Kadar kolesterol baik dapat meningkat dengan mengkonsumsi buah yang tergolong mahal ini. Bila anda sanggup memakannya setiap hari, kadar kolesterol anda pasti akan selalu aman. Namun bukan meminum anggur yang difermentasi dan mengandung alkohol, tetapi buah anggur.

Baca juga : Ini Alasan Harus Hindari Anggur Selama Kehamilan

5. Bawang putih.

Walau beraroma tajam dan tergolong rempah-rempah, sudah terbukti sejak lama khasiat bawang putih untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Maka gunakan bawang putih dalam banyak masakan anda.

Baca : Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

6. Kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kenari.

Jenis ini baik untuk menurunkan kolesterol jahat karena mengandung omega-3 serta antioksidan.

Baca juga : Manfaat Daun Pare untuk Kesehatan

7. Kacang kedelai.

Tahu, tempe, dan semua olahan kacang kedelai, adalah baik untuk menurunkan kolesterol LDL dalam darah, karena kacang kedelai mengandung protein tinggi. Karena itu baik bagi anda untuk minum segelas susu kedelai.

Baca juga : Daftar Makanan Berkolesterol Tinggi

Semoga informasi Makanan Penurun Kolesterol Terbaik ini bermanfaat bagi kita semua.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope