Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Tuesday, April 25, 2017

author photo
Jenis-jenis Makanan Penyebab Alergi Kulit

Jenis-jenis Makanan Penyebab Alergi Kulit. Banyak sekali jenis makanan yang ada di dunia ini dan setiap hari kita mengonsumsinya, guna untuk mempertahankan kehidupan. Namun, tahukah anda ada beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan alergi ?

Alergi jenis makanan tertentu merupakan masalah yang cukup serius. Masalah yang ditimbulkan dapat berupa iritasi pada mata, rasa gatal di sekujur tubuh dan bahkan dapat mengganggu kerja jantung.

Sebenarnya, alergi makanan dapat terjadi karena adanya reaksi hipersensitivitas sistem kekebalan tubuh terhadap jenis makanan tertentu. Makanan yang paling sering menyebabkan alergi adalah susu sapi, kacang-kacangan, sereal, putih telur, udang, dan ikan.

Alergi juga dapat terjadi karena adanya penambahan senyawa sulfida secara berlebihan dalam makanan. Senyawa sulfida itu biasanya terdapat dalam penyedap masakan, pengawet makanan, pewarna sintesis dan obat-obatan.

Baca : Adakah Efek Samping Antibiotik Bagi Kesehatan

Pada umumnya, alergi makanan memengaruhi sekitar 3 hingga 10% anak-anak. Pada beberapa bayi, protein tidak dapat larut secara optimal karena aktivitas enzim pencernaan belum sepenuhnya berkembang. Di samping itu, mereka juga mempunyai permeabilitas mukosa pada usus. Sehingga, protein yang belum terpecah akan lebih banyak diserap di usus kecil yang dapat menimbulkan alergi.

Pada 80% kasus alergi makanan yang dialami setiap orang, alergi pada makanan akan menghilang pada tahun-tahun awal kehidupan. Hanya satu atau dua orang dewasa yang tetap memiliki alergi. Menurut sebuah penelitian, tingkat alergi terhadap jenis makanan tertentu lebih banyak menyerang wanita dibandingkan dengan laki-laki.

Alergi terhadap makanan-makanan seperti susu sapi dan putih telur, cenderung menghilang ketika anak tumbuh dewasa. Sedangkan untuk makanan-makanan seperti kerang, udang, ikan, dan kacang-kacangan akan berlanjut sampai seumur hidup.

Terjadinya alergi


Penting bagi kita untuk mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan alergi. Tubuh manusia memproduksi sejenis protein yang biasanya disebut antibodi untuk membunuh kuman yang bersifat infeksi.

Ada beberapa jenis antibodi yang menyebabkan reaksi alergi yang disebut sebagai immunoglobulin E (igE). Antibodi ini biasanya dihasilkan sebagai respon terhadap infeksi parasit dalam tubuh, seperti malaria.

Baca : Kenali Penyakit Purpura Alergis

Saat pertama kali anda mengonsumsi makanan penyebab alergi, sistem kekebalan tubuh anda meresponnya dengan membentuk igE, jadi ketika anda memakannya untuk kedua kali, maka tubuh akan mengeluarkan antibodi igE dan bahan kimia lain termasuk histamine.
Histamin adalah bahan kimia kuat yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan, pencernaan, kulit, dan sistem kardiovascular. Respon ini kemudian memicu alergi dalam tubuh, tergantung pada daerah mana histamine dilepaskan.

Jika dilepaskan di hidung, telinga, atau tenggorokan maka anda akan merasa gatal atau mengalami kesulitan bernafas. Jika dilepaskan di kulit, maka anda akan merasa gatal di sekujur tubuh.

Makanan Penyebab Alergi


Ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan alergi pada tubuh kita, diantaranya :

Susu, protein yang dikandung di dalam susu dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengganti susu dengan baking yang dicampur dengan air atau dengan jus buah. Anda juga perlu berhati-hati dengan senyawa kasein yang masih merupakan satu keluarga dengan susu. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk membaca komposisi makanan yang ingin anda konsumsi.
  1. Telur
    Telur juga bisa diganti dengan baking, yaitu dengan cara menggunakan 7,5 ml air, minyak dan 5 ml baking powder untuk menggantikan 1-3 telur.

  2. Kacang Tanah
    Kacang tanah, pada umumnya kacang tanah banyak digunakan dalam masakan Cina, Thailand, Mexican dan Vietnam, oleh karena itu berhati-hatilah bila anda berkunjung ke restoran seperti itu.

  3. Ikan
    Ikan, sering ditemui dalam makanan sejenis salad, saus steak, atau bahkan daging kepiting imitasi. Meskipun ikan sangat baik untuk pertumbuhan dan merupakan sumber protein, alangkah baiknya anda tidak mengonsumsinya secara rutin.

  4. Udang
    Udang dan kerang, alergi terhadap kedua jenis makanan laut ini memang sudah sangat umum. Lakukan dengan cara Anda menghindari ikan.

  5. Gandum
    Gandum juga dapat digantikan dengan baking, namun sebaiknya anda konsultasikan terhadap dokter.

Baca : Jenis-jenis Penyakit Kulit dan Gambarnya

Itulah beberapa jenis makanan penyebab alergi. Sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang banyak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope