Advertisement

Obat Alami K-Muricata

Monday, January 22, 2018

author photo
Cara Menyembuhkan Diare Dan Disentri dengan Daun Jambu Biji
Manfaat daun jambu biji untuk mengobati diare dan disentri 

Cara Menyembuhkan Diare Dan Disentri dengan Jambu Biji. Manfaat Jambu Biji yang memiliki nama lain Psidium Guajava atau Fan Shi Liu Gan ini ternyata sangat banyak. Jambu biji merupakan tanaman perdu atau pohon kecil dengan banyak percabangan dengan tinggi sekitar 2-10m berasal dari Amerika Tropis. Jambu biji banytak ditanam sebagai pohon buah-buahan, sering tumbuh liar dan terdapat di dataran rendah sampai 1200m diatas permukaan laut yang tumbuh pada tanah yang gembur maupun liat, ditempat terbuka dan banyak air.

Jambu Biji memiliki batang yang keras dengan permukaan kulit batang yang halus berwarna coklat dan mudah terkelupas. Daun muda berambut halus, daun tua permukaan atasnya menjadi licin.Buahnya berbentuk bulat, berwarna hijau kekuningan . daging buahnya putih kekuningan atu merah jambu. Bijinya kecil-kecil, keras dan banyak. Jambu biji dapat diperbanyak dengan biji, okulasi dan tunas yang berakar.

Jambu biji memiliki rasa yang manis, dengan sifat kimiawi astrigent (pengelat), netral. Anti diare, anti radang (anti inflammasi), menghentikan pendarahan (hemostatik). Kandungan kimia yang terdapat pada daun jambu biji antara lain; Tanin, Minyak Astiri (eugenol), Minyak lemak, Damar, Zat samak, triterpinoid, dan asam apfel. Sedangkan buahnya mengandung asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, Vitamin A, B1, dan C.

Baca : Manfaat Jambu biji untuk kesehatan

Bagian yang dipakai pada jambu biji adalah buah, daun dan kulit batang yang dapat digunakan untuk:
  1. Menyembuhkan Diare akut dan kronis, disentri
  2. Gangguan pencernaan pada bayi (Infantile Indigestion)
  3. Keputihan (Leucorrhea)
  4. Peluruh haid, mempermudah persalinan
Untuk pemakaian luar daun jambu biji segar juga dipakai pada luka akibat kecelakaan, pendarahan akibat benda tajam, borok (ulcus) disekitar tulang.

Baca juga :  


Cara Menyembuhkan Diare Dan Disentri dengan Jambu Biji

Berikut beberapa resep membuat ramuan obat diare dari jambu biji :
  1. Ramuan pertama, dengan 30 gr daun jambu ditambah segenggam tepung beras yang telah digongseng (goreng tanpa minyak) ditambah air secukupnya, godok minum sehari 2 kali.
  2. Ramuan obat diare kedua, siapkan 1 genggam daun biji yang muda dan segar ditambah satu sendok teh kulit batang pulosari yang dipotong –potong halus dan 5 butir adas, digodok dengan 2 cangkir air sampai menjadi 1 cangkir, sehari diminum 2 x ½ cangkir.
  3. Ramuan obat diare ketiga dengan 3 lembar daun jambu biji yang muda dan segar dikunyah dengan sedikit garam, kemudian ditelan. Sehari 2 kali, atau ditumbuk dengan ½ cangkir air kemudian diperas , sehari diminum 2 kali ramuan.
  4. Ramuan ke empat, 30 – 60 gr daun segar digodok, lalu diminum

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement

Healthhaphope